Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) kemampuan siswa
membaca dan menulis Al Qur‟an sebelum menggunakan metode pembelajaran
Make a Match pada siswa kelas III SD N 054000 Kec. Besitang. 2) Kemampuan
siswa membaca dan menulis Al Qur‟an setelah menggunakan metode
pembelajaran Make a Match di kelas III SD N 054000 Kec. Besitang.
Lokasi penelitian dilaksanakan di kelas III SD N 054000 Kec. Besitang
yang terdiri dari 25 siswa dengan 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data
lembar oservasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar.
Penelitian ini dimulai dari pemberian tes awal terhadap 25 siswa, diketahui
terdapat 2 siswa (8%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al
Qur‟an dan 23 siswa (92%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan
membaca Al Qur‟an , 6 siswa (24%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan
menulis Al Qur‟an dan 19 siswa (76%) yang belum mendapat nilai ketuntasan
kemampuan menulis Al Qur‟an. Kemudian pada pelaksanaan siklus I diketahui
terdapat 5 siswa (20%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan membaca Al
Qur‟an dan 20 siswa (80%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan
membaca Al Qur‟an, 9 siswa (36%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan
menulis Al Qur‟an dan 16 siswa (64%) yang belum mendapat nilai ketuntasan
kemampuan menulis Al Qur‟an. Kemudian pada pelaksanaan siklus II diketahui
terdapat 14 siswa (56%) yang mendapat niai ketuntasan kemampuan membaca Al
Qur‟an dan 11 siswa (44%) yang belum mendapat nilai ketuntasan kemampuan
membaca Al Qur‟an, 18 (72%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan
menulis Al Qur‟an dan 7 siswa (28%) yang belum mendapat nilai ketuntasan
kemampuan menulis Al Qur‟an. Selanjutnya, pada pelaksanaan siklus III
diketahui terdapat 23 siswa (92%) yang mendapat nilai ketuntasan kemampuan
membaca Al Qur‟an dan 2 siswa (8%) yang belum mendapat nilai keuntasan
kemampuan membaca Al Qur‟an, 25 siswa (100%) yang mendapat nilai
ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an dan 0 siswa (0%) yang belum
mendapat nilai ketuntasan kemampuan menulis Al Qur‟an.