DSpace Repository

Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMA Al – Hidayah Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Manurung, Mahyuni
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:53:24Z
dc.date.available 2020-11-17T07:53:24Z
dc.date.issued 2017-02
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12743
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep matematika siswa SMA Al-Hidayah Medan dan untuk mengetahui faktor yang signifikan mempengaruhi pemahaman konsep matematika siswa yang total nya adalah 150 item pernyataan yang terdiri dari 30 item pernyataan dari faktor motivasi, 30 item pernyataan yang terdiri dari 30 item pernyataan dari faktor minat, 30 item tentang faktor bakat, 30 item tentang faktor kesiapan, dan 30 item tentang faktor perhatian.Hasil uji validitas dari 150 item pernyataan diperoleh semua 50 item yang valid. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Al-Hidayah Medan yang berjumlah 110 siswa, sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa dari kelas X. Hasil uji reliabilitas dari 150 pernyataan yang valid diperoleh pada instrumen variabel bakat dan kesiapan memiliki tingkat reliabel yang sangat tinggi, variabel motivasi, minat, dan perhatian memiliki reliabel tinggi. Hasil uji normalitas dari semua data yang ada berdistribusi normal. Berdasarkan nilai communalities selalu menunjukan nilai yang positif. Yang berarti kelima variabel benar-benar dapat mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika yaitu variabel motivasi memiliki nilai sebesar 0,787, artinya variabel motivasi mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika sebesar 78,7%, variabel minat memiliki nilai sebesar 0,901, artinya variabel minat mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika sebesar 90,1%, variabel bakat memiliki nilai sebesar 0,680, artinya variabel bakat mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika sebesar 68,0%, variabel kesiapan memiliki nilai sebesar 0,755, artinya variabel kesiapan mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika sebesar 75,5%, variabel perhatian memiliki nilai sebesar 0,731, artinya variabel perhatian mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika sebesar 73,1%. Sehingga dapat kita simpulkan bahwasanya faktor yang paling utama dalam peningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa faktor yang memiliki nilai tertinggi adalah faktor minat seseorang akan efektif jika memiliki motivasi yang baik. Maka perlulah para siswa untuk terus meningkatkan motivasi dari dalam diri siswa dan terus meningkatkan bakat dalam belajar sehingga hasil belajar matematika optimal. en_US
dc.subject Faktor motivasi en_US
dc.subject minat en_US
dc.subject bakat en_US
dc.subject kesiapan dan perhatian en_US
dc.title Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMA Al – Hidayah Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account