Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor yang
mempengaruhi pemahaman konsep matematika siswa SMA Al-Hidayah Medan dan
untuk mengetahui faktor yang signifikan mempengaruhi pemahaman konsep
matematika siswa yang total nya adalah 150 item pernyataan yang terdiri dari 30
item pernyataan dari faktor motivasi, 30 item pernyataan yang terdiri dari 30 item
pernyataan dari faktor minat, 30 item tentang faktor bakat, 30 item tentang faktor
kesiapan, dan 30 item tentang faktor perhatian.Hasil uji validitas dari 150 item
pernyataan diperoleh semua 50 item yang valid. Sebagai populasi dalam penelitian
ini adalah kelas X SMA Al-Hidayah Medan yang berjumlah 110 siswa, sehingga
yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa dari kelas X. Hasil uji
reliabilitas dari 150 pernyataan yang valid diperoleh pada instrumen variabel bakat
dan kesiapan memiliki tingkat reliabel yang sangat tinggi, variabel motivasi, minat,
dan perhatian memiliki reliabel tinggi. Hasil uji normalitas dari semua data yang ada
berdistribusi normal. Berdasarkan nilai communalities selalu menunjukan nilai yang
positif. Yang berarti kelima variabel benar-benar dapat mempengaruhi pemahaman
konsep belajar matematika yaitu variabel motivasi memiliki nilai sebesar 0,787,
artinya variabel motivasi mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika
sebesar 78,7%, variabel minat memiliki nilai sebesar 0,901, artinya variabel minat
mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika sebesar 90,1%, variabel bakat
memiliki nilai sebesar 0,680, artinya variabel bakat mempengaruhi pemahaman
konsep belajar matematika sebesar 68,0%, variabel kesiapan memiliki nilai sebesar
0,755, artinya variabel kesiapan mempengaruhi pemahaman konsep belajar
matematika sebesar 75,5%, variabel perhatian memiliki nilai sebesar 0,731, artinya
variabel perhatian mempengaruhi pemahaman konsep belajar matematika sebesar
73,1%. Sehingga dapat kita simpulkan bahwasanya faktor yang paling utama dalam
peningkatkan pemahaman konsep belajar matematika siswa faktor yang memiliki
nilai tertinggi adalah faktor minat seseorang akan efektif jika memiliki motivasi yang
baik. Maka perlulah para siswa untuk terus meningkatkan motivasi dari dalam diri
siswa dan terus meningkatkan bakat dalam belajar sehingga hasil belajar matematika
optimal.