DSpace Repository

Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Matematika pada Siswa SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Syafri, Iboss
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:12:01Z
dc.date.available 2020-11-17T07:12:01Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12676
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor mana yang signifikan/dominan mempengaruhi keaktifan belajar matematika pada siswa SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket analisis faktor yang signifikan mempengaruhi keaktifan belajar matematika siswa yang totalnya 89 item pernyataan yang terdiri dari 15 item tentang Kesehatan Jasmani, 17 item tentang Bakat, 20 item tentang Motivasi, 18 item tentang Minat & Perhatian, serta 19 item tentang Keluarga. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI-MIPA SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017 berjumlah 576, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 siswa. Hasil uji validitas dari 89 item pernyataan diperoleh 84 item valid dan 6 item yang tidak valid. Hasil uji reliabilitas dari 5 variabel diperoleh variabel kesehatan jasmani dikategorikan tinggi, variabel bakat dikategorikan sangat tinggi, variabel motivasi dikategorikan sangat tinggi, variabel minat & perhatian dikategorikan sangat tinggi, dan variabel keluarga dikategorikan sangat tinggi. Hasil uji normalitas dari semua data yang ada berdistribusi normal. Berdasarkan nilai communalities selalu menunjukkan nilai positif. Hal ini berarti kelima variabel benar-benar memberikan dampak positif dalam meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa yaitu kesehatan jasmani memiliki nilai sebesar 0,475, artinya variabel kesehatan jasmani mempengaruhi keaktifan belajar matematika siswa sebesar 47,5%. Variabel bakat memiliki nilai sebesar 0,759, artinya variabel bakat mempengaruhi keaktifan belajar matematika siswa sebesar 75,9%. Variabel motivasi memiliki nilai sebesar 0,873, artinya variabel motivasi mempengaruhi keaktifan belajar matematika siswa sebesar 87,3%. Variabel minat & perhatian memiliki nilai sebesar 0,729, artinya variabel minat & perhatian mempengaruhi keaktifan belajar matematika siswa sebesar 72,9%. Serta variabel keluarga memiliki nilai sebesar 0,521, artinya variabel keluarga mempengaruhi keaktifan belajar matematika siswa sebesar 52,1%. Dari hasil penelitian diperoleh nilai total variance explained bernilai 5 sesuai dengan jumlah variabel. Hasil nilai component matrix menunjukkan bahwa semua variabel merupakan faktor pertama dan kedua yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa dikarenakan nilai komponen matrix faktor pertama lebih besar dari faktor kedua. Oleh karena itu, nilai variabel motivasi memiliki nilai yang paling signifikan/dominan. en_US
dc.subject Kesehatan Jasman en_US
dc.subject Bakat en_US
dc.subject Motivasi en_US
dc.subject Minat & Perhatian en_US
dc.subject serta Keluarga en_US
dc.title Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Matematika pada Siswa SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account