DSpace Repository

“Efektivitas Penggunaan Program Video Movie Maker dalam Belajar Matematika pada Siswa SMP Negeri 24 Medan T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Rosi, Feby Armelia
dc.date.accessioned 2020-11-17T07:05:14Z
dc.date.available 2020-11-17T07:05:14Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/12661
dc.description.abstract Windows movie maker adalah software vidio editing yang umumnya mudah ditemukan disetiap computer Indonesia. Program ini telah teringrasi system windows. Program movie maker ini dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah media pembelajaran yang melibatkan teks, suara, gambar dan vidio. Sebagai tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pokok bahasan lingkaran dengan menggunakan program Video Movie Maker. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk essay. Yang menjadi sampel pada penelitian ini adalahkelas VIII-D yang berjumlah 37 siswa dan kelas kontrol, yaitu kelas VIII-C yang berjumlah 36 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen yaitu dengan membandingkan kemampuan belajar matematika dengan menggunakan media Program Video Movie Maker pada kelas eksperimen dan tanpa menggunakan media Program Video Movie Maker pada kelas kontrol yang dilakukan dengan mengadakan pretest terdiri dari 5 soal untuk mengetahui kemampuan belajar matematika awal siswa dan post-test terdiri dari 5 soal untuk mengetahui kemampuan belajar matematika akhir siswa masing-masing kelas, yang masing-masing soal telah divalidkan. Instrumen dalam dalam penelitian dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri dari 10 soal dalam bentuk uraian/essay. Berdasarkan analisa data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen setelah diterapkan media pembelajaran Program Video Movie Maker, nilai rata-rata siswa meningkat dari 47,878 pada pretest menjadi 93,257 pada post-test meningkat sebesar 45,379. Sedangkan pada kelas kontrol peningkatan hasil beljar matematika sebesar yaitu 40,652 dari 49,667 pada pretest menjadi 90,319 pada post-test. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 2,25162 selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel dengan tarafsignifikan α = 0,05. Maka diperoleh ttabel = 1,994 dengan demikian dapat dikatakan thitung > ttabel yaitu 2,27048 > 1.994 maka H0 diterima dengan hipotesis yang berbunyi Penggunaan Media Program Movie Maker dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP Negeri 24 Medan T.P 2016/2017. en_US
dc.subject Media Program Video Movie Maker en_US
dc.title “Efektivitas Penggunaan Program Video Movie Maker dalam Belajar Matematika pada Siswa SMP Negeri 24 Medan T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account