Abstract:
Windows movie maker adalah software vidio editing yang umumnya mudah
ditemukan disetiap computer Indonesia. Program ini telah teringrasi system windows.
Program movie maker ini dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah media
pembelajaran yang melibatkan teks, suara, gambar dan vidio. Sebagai tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pokok bahasan lingkaran dengan
menggunakan program Video Movie Maker. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah tes yang berbentuk essay. Yang menjadi sampel pada penelitian ini
adalahkelas VIII-D yang berjumlah 37 siswa dan kelas kontrol, yaitu kelas VIII-C
yang berjumlah 36 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah quasi eksperimen yaitu dengan membandingkan kemampuan belajar
matematika dengan menggunakan media Program Video Movie Maker pada kelas
eksperimen dan tanpa menggunakan media Program Video Movie Maker pada kelas
kontrol yang dilakukan dengan mengadakan pretest terdiri dari 5 soal untuk
mengetahui kemampuan belajar matematika awal siswa dan post-test terdiri dari 5
soal untuk mengetahui kemampuan belajar matematika akhir siswa masing-masing
kelas, yang masing-masing soal telah divalidkan. Instrumen dalam dalam penelitian
dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri dari 10 soal dalam bentuk uraian/essay.
Berdasarkan analisa data hasil belajar siswa pada kelas eksperimen setelah diterapkan
media pembelajaran Program Video Movie Maker, nilai rata-rata siswa meningkat
dari 47,878 pada pretest menjadi 93,257 pada post-test meningkat sebesar 45,379.
Sedangkan pada kelas kontrol peningkatan hasil beljar matematika sebesar yaitu
40,652 dari 49,667 pada pretest menjadi 90,319 pada post-test. Berdasarkan hasil
perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 2,25162 selanjutnya harga thitung ini
dibandingkan dengan harga ttabel dengan tarafsignifikan α = 0,05. Maka diperoleh ttabel
= 1,994 dengan demikian dapat dikatakan thitung > ttabel yaitu 2,27048 > 1.994 maka
H0 diterima dengan hipotesis yang berbunyi Penggunaan Media Program Movie
Maker dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP Negeri 24 Medan T.P
2016/2017.