Abstract:
Promosi berkaitan dengan upaya untuk mengarahkan seseorang agar dapat
mengenal produk perusahaan, lalu memahaminya, berubah sikap, menyukai,
yakin, kemudian akhirnya membeli dan selalu ingat akan produk tersebut.
Disamping promosi yang baik, kualitas produk memiliki dampak langsung pada
kinerja produk oleh karena itu kualitas berhubungan erat dengan nilai dan
kepuasan konsumen, kualitas berarti kemampuan produk untuk melaksanakan
fungsinya ; termasuk keawetan, keandalan, ketepatan, kemudahan dipergunakan
dan diperbaiki.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh
promosi dan kualitas produk sepeda motor Honda Beat terhadap kepuasan
konsumen PT. Supra Jaya Abadi Medan?. Dalam penelitian digunakan teknik
pengumpulan data yaitu penyebaran angket (questioner), sedangkan teknik
analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Berganda.
Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diketahui bahwa Tidak ada
pengaruh promosi secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada PT. Supra
Jaya Abadi Medan, hal ini diketahui berdasarkan uji t dimana diperoleh thitung <
ttabel (-2,818 < 1,980) maka H0 diterima dan Ha ditolak, yang artinya variabel
promosi tidak memiliki pengaruh yang nyata (signifikan) dengan variabel
kepuasan konsumen. Selain itu ada pengaruh kualitas produk secara parsial
terhadap kepuasan konsumen pada PT. Supra Jaya Abadi Medan, hal ini diketahui
berdasarkan uji t dimana diperoleh thitung > ttabel (11,899 > 1,980) maka H0 ditolak
dan Ha diterima, yang artinya variabel kualitas produk memiliki pengaruh yang
nyata (signifikan) dengan variabel kepuasan konsumen. Selanjutnya ada pengaruh
promosi dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada PT. Supra Jaya
Abadi Medan, hal ini diketahui berdasarkan uji F dimana diperoleh Fhitung > Ftabel
(96,534 > 5,84) maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya variabel promosi
dan kualitas produk secara simultan memiliki pengaruh yang nyata (signifikan)
dengan variabel kepuasan konsumen.