Abstract:
Tujuan penulis melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh iklan dan
kualitas produk terhadap keputusan pembelian susu Frisian Flag PT.Adam Dani
Lestari di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan Acidental Sampling dengan menggunakan rumus slovin. Acidental
Sampling yaitu penentuan sampel secara kebetulan sebanyak 100 responden yang
merupakan pembeli atas susu Frisian Flag PT.Adam Dani Lestari di Kota Medan.
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan Regresi Berganda. Lalu melakukan uji kualitas
data yang digunakan adalah uji validitas dengan menggunakan Corrected Item
Total dan uji reabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Untuk uji hipotesis
dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan uji t, dan uji F serta melakukan uji
determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel terdapat pengaruh positif
signifikan variabel iklan terhadap variabel keputusan pembelian yang ditunjukkan
thitung (2,904) > ttabel (1,66) dengan nilai signifikansi sebesar 0,005< 0,05, dan
terdapat pengaruh positif signifikan variabel kualitas produk terhadap variabel
keputusan pembelian yang ditunjukkan thitung (10,997) > ttabel (1,66) dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan untuk iklan dan kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada PT.Adam
Dani Lestari di Kota Medan, dengan nilai Fhitung (83,635) > Ftabel (3.09) dengan
tingkat signifikasi 0.000. Selanjutnya nilai R-Square yang diperoleh adalah
sebesar 0,625 menunjukkan sekitar 62,5% pengaruh signifikan iklan dan kualitas
produk terhadap keputusan pembelian.