Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami konsep dari kurikulum Program Studi Sastra Inggris di Fakultas Sastra Universitas Islam Sumatera Utara. Disamping itu untuk mengetahui kurikulum yang digunakan sebagai acuan untuk membuat RPS (Rencana Pembelajaran Semester) sehingga dosen lebih dapat berinovasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif qualitatif, naturalistik dan teknik triangulasi. Teknik pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan, dimulai dari bulan Maret 2020 sampai dengan bulan Mei 2020. Subjek dan Informan Penelitian ini adalah Ketua Program Studi dan beberapa Dosen Fakultas Sastra Inggris Universitas Islam Sumatera Utara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bagian perencanaan terlihat dari kesiapan dosen dalam menyediakan waktu khusus untuk membuat mata kukiah dengan capaian jumlah SKS semester. Selain itu dosen memiliki mampu memprediksi kesiapan mahasiswa dalam menyelesaikan mata kuliah per semesternya. Perencanaan pembuatan kurikulum sastra inggris sejalan dengan output yang akan dihasilkan oleh prodi sastra inggris. Dalam pelaksanaan mencapai kurikulum yang di realisasikan dalam proses perkuliahan, para dosen akan menyesuaikan jam tatap muka dengan apa yang akan dicapai oleh mahasiswa diakhir perkuliahan, pembuatan RPS, memberikan ruang gerak tersendiri kepada dosen dalam memberikan mata kuliahan pemilihan media yg tepat untuk membantu mahasiswa cepat memahami materi dengan tepat. Selain itu dosen mampu merealisasikan keseluruhan jumlah SKS dengan menyesuaikan jumlah kehadiran mahasiswa. Sementara itu bagian pengevaluasian tersebut juga untuk memberikan kebebasan kepada dosen. Untuk berkarya lebih bijak dalam memberlakukan dan menerapkan kebijakan selama proses permatakuliahan