DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Fabel Oleh Siswa Kelas Vii Smp Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Diah Ayu
dc.date.accessioned 2020-03-01T08:34:04Z
dc.date.available 2020-03-01T08:34:04Z
dc.date.issued 2019-09-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1128
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing terhadap kemampuan menceritakan kembali isi cerita fabel oleh siswa kelas VII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Bina Satria Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-1,VII-2,VII-3,VII-4,dan VII-5 berjumlah 157 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa terdiri dari kelas VII-1 dan VII-2. Kelas VII-1 berjumlah 30 siswa terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran menggunakan model kancing gemerincing sedangkan kelas VII-2 berjumlah 30 siswa terpilih sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerima pembelajaran menggunakan model ceramah. Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian yang digunakan untuk melihat apakah ada pengaruh hasil sebagai sebab adanya perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan posttest-only control design. Instrumen penelitian ini berupa tes lisan yaitu menceritakan kembali isi cerita fabel. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menceritakan kembali isi cerita fabel dengan menggunakan model pembelajaran kancing gemerincing memperoleh nilai rata-rata yaitu 81,45 termasuk dalam kategori sangat baik dengan rincian nilai 76-100 berjumlah 18 siswa dengan persentase 60% dan 51-76 berjumlah 12 siswa dengan persentase 40%. Sedangkan kemampuan menceritakan kembali isi cerita fabel dengan menggunakan model pembelajaran ceramah memperoleh nilai rata-rata yaitu 69,16 termasuk dalam kategori baik dengan rincian nilai 76-100 berjumlah 7 siswa dengan persentase 23,3% dan 51-75 berjumlah 23 siswa dengan persentase 76,7%. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai uji “t” dengan hasil pengujian pada taraf α = 0,05 maka diperoleh thitung > ttabel atau 3,69 > 1,672 sehingga alternatif (Ha) pada penelitian ini terbukti kebenarannya yaitu diterima. Dapat disimpulkan terdapat Adanya Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Fabel oleh Siswa Kelas VII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif en_US
dc.subject Kancing Gemerincing en_US
dc.subject Menceritakan Kembali Cerita Fabel en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Fabel Oleh Siswa Kelas Vii Smp Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account