dc.description.abstract |
Permasalahan yang terjadi yaitu terdapat kesalahan bahasa dan terdapat
nilai-nilai pendidikan budi pekerti dalam buku teks mata pelajaran bahasa
Indonesia kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kesalahan bahasa dan nilai-nilai Pendidikan budi pekerti dalam buku teks mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan data kualitatif.
Sumber data penelitian ini adalah dengan menganalisis objek penelitian dengan
membaca teks tentang kesalahan bahasa dan nilai-nilai pendidikan budi pekerti
yang termuat dalam buku teks mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil
keseluruhan penelitian ini menunjukan kesalahan bahasa meliputi kesalahan
ejaan, kesalahan diksi/kata, dan kesalahan kalimat dan terdapat juga nilai-nilai
Pendidikan budi pekerti meliputi meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa dan
selalu menaati segala perintahnya, memiliki sikap toleransi, memupuk disiplin diri
sendiri, memiliki rasa tanggung jawab, memiliki kebersamaan dan gotong royong,
memiliki tatakrama dan sopan santun, dan menumbuhkan kejujuran. |
en_US |