Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemanfaatan media animasi
pembaljaran pada mata pelajaran fiqh yang dilakukan di kelas VIIB SMP
Muhammadiyah 57 Medan, untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah
menggunakan pemanfaatan media animasi pembelajaran. Hasil akhir mendapatkan
adanya pengaruh yang signifikan pada ujihipotesis dimana Ha diterima dan Ho
ditolak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 57
Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan
desain quasi eksperimen dimana teknik pengumpulan data adalah angket, tes,
observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data adalah analisis kuantitatif
dengan uji hipotesis. Dalam pemanfaatan media animasi terhadap hasil belajar
melalui instrumen angket yang diberikan kepada 27 siswa sebagai sempel penelitian
yang berjumlah 10 item mendapatkan hasil yang sangat baik yang berarti penelitian
ini sangat baik diterapkan. Adapun Hasil belajar yang diperoleh siswa dari
instrumen tes yaitu siswa yang mendapatkan nilai 80-100 sebanyak 17 orang dengan
persentase sebesar 62,9% dan yang mendapatkan nilai 60-80 sebanyak 8 siswa
dengan persentase sebesar 29,6%. Dan hasil akhir dari koefisien korelasi Product
Moment Person dengan tabel nilai “r” pada taraf signifikan 5% dan 1% yaitu
0,620>0,344>0,422. Dan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang baik dan
signifikan terhadap hasil belajar Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 57
Medan dengan menggunakan pemanfaatan media animasi terhadap hasil belajar
pada materi thaharah.