DSpace Repository

Bahasa slogan papan reklame di kota Medan : kajian sosiolinguistik

Show simple item record

dc.contributor.author Ramadhani, Ovy Rizki
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:22:03Z
dc.date.available 2020-11-11T08:22:03Z
dc.date.issued 2018-09-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10497
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, jenis-jenis campur kode, dan faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode dalam slogan papan reklame di kota Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan membaca slogan yang terdapat dalam papan reklame, kemudian mencatat, mendokumentasikan, dan mengumpulkan data yaitu slogan yang terdapat dalam papan reklame, proses selanjutnya menganalisis data secara deskriptif, dan terakhir dilakukan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini ditemukan adanya peristiwa campur kode. Bentuk campur kode yang terjadi berupa baster. Jenis-jenis campur kode dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua, yaitu (1) campur kode ke luar (outer code mixing) dan (2) campur kode ke dalam ( inner code mixing). Faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya peristiwa campur kode dalam slogan papan reklame tersebut adalah (1) keterbatasan penguasaan kode dan (2) penggunaan istilah yang lebih populer. en_US
dc.subject Bahasa Slogan en_US
dc.subject Papan Reklame en_US
dc.subject Campur Kode en_US
dc.subject Kajian Sosiolinguistik. en_US
dc.title Bahasa slogan papan reklame di kota Medan : kajian sosiolinguistik en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account