DSpace Repository

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Penalaran Siswa SMK Negeri 4 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Darmawan, Dwiki
dc.date.accessioned 2020-11-11T04:08:41Z
dc.date.available 2020-11-11T04:08:41Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10199
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubngan yang signifikan dan besarnya pengaruh dari motivasi siswa,sikap pendidik,lingkungan dan media pembelajaran terhadap kemampuan penalaran siswa kelas XII TSM 2 SMK Negeri 4 Medan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TSM 2 SMK Negeri 4 Medan yang berjumlah 25 siswa. Metode pengambilan data menggunakan kuisioner untukm variabel motivasi siswa,sikap pendidik,lingkungan dan media pembelajaran. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi terhadap kemampuan penalaran siswa kelas XII TSM SMK Negeri 4 Medan yang dibuktikan dengan nilai Commponent Matriks =0.643; (2) terdapat pengaruh yang signifikan sikap pendidik terhadap kemampuan penalaran siswa kelas XII TSM SMK Negeri 4 Medan yang dibuktikan dengan nilai Commponent Matriks a =0,844; (3) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan terhadap ke mampuan penalaran siswa kelas XII TSM SMK Negeri 4 Medan yang dibuktikan dengan nilai Commponent Matriks a =0,916;(4) terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap kemampuan penalaran siswa kelas XII TSM SMK Negeri 4 Medan yang dibuktikan dengan nilai Commponent Matriks a =0,692. Jadi, faktor yang memiliki pengaruh paling dominan adalah variabel lingkungan dikarenakan nilai component matriks a a lebih besar dibandingkan variabel yang lain. en_US
dc.subject Motivasi, sikap pendidik en_US
dc.title Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Penalaran Siswa SMK Negeri 4 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account