Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubngan yang signifikan dan besarnya
pengaruh dari motivasi siswa,sikap pendidik,lingkungan dan media pembelajaran
terhadap kemampuan penalaran siswa kelas XII TSM 2 SMK Negeri 4 Medan.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TSM 2 SMK Negeri 4 Medan
yang berjumlah 25 siswa. Metode pengambilan data menggunakan kuisioner untukm
variabel motivasi siswa,sikap pendidik,lingkungan dan media pembelajaran. Teknik
analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis
faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan
motivasi terhadap kemampuan penalaran siswa kelas XII TSM SMK Negeri 4 Medan
yang dibuktikan dengan nilai Commponent Matriks
=0.643; (2) terdapat pengaruh
yang signifikan sikap pendidik terhadap kemampuan penalaran siswa kelas XII TSM
SMK Negeri 4 Medan yang dibuktikan dengan nilai Commponent Matriks
a
=0,844;
(3) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan terhadap ke mampuan penalaran
siswa kelas XII TSM SMK Negeri 4 Medan yang dibuktikan dengan nilai
Commponent Matriks
a
=0,916;(4) terdapat pengaruh yang signifikan media
pembelajaran terhadap kemampuan penalaran siswa kelas XII TSM SMK Negeri 4
Medan yang dibuktikan dengan nilai Commponent Matriks
a
=0,692. Jadi, faktor yang
memiliki pengaruh paling dominan adalah variabel lingkungan dikarenakan nilai
component matriks
a
a
lebih besar dibandingkan variabel yang lain.