Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/971
Title: Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Untuk Meminimalisir Kesulitan Belajar Siswa Kelas Viii Smp Islam Terpadu Ibnu Halim Medan Deli Tahun Ajaran 2018/2019
Authors: Firlanda, Dini
Keywords: Layanan Konseling Kelompok;Pendekatan Cognitive Behavior Therapy;Kesulitan Belajar Siswa
Issue Date: 9-Sep-2019
Abstract: Tujuan Konseling Kelompok dalam meminimalisir kesulitan belajar siswa di sekolah untuk membantu siswa agar lebih giat dan semangat dalam hal pembelajaran yang sedang berlangsung dikelas. Hal ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Untuk Meminimalisir Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan Deli Tahun Ajaran 2018/2019. Untuk menjawab suatu pernyataan maka penulis mengambil lokasi di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan dalam hal belajar di sekolah berjumlah 8 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, wawancara dilakukan dengan Kepala Sekolah, Guru Bimbingan dan Konseling dan Siswa kelas VIII-2 di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan Deli yang mengalami ksulitan dalam hal belajar. Jadi hasil penelitian atau Konseling dan Kelompok yang diberikan pada siswa adalah siswa yang mengalami kesulitan dalam hal belajar disekolah. Konseling Kelompok ini dilaksanakan 2 kali pertemuan, siswa lebih leluasa dalam merespon dan aktif dalam berlangsungnya proses belajar mengajar di sekolah. Sebelum melakukan observasi yaitu kelas VIII-2 kesulitan belajarnya berkisar diantaranya 50%, lalu ketika peneliti melakukan konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavior therapy maka terjadilah peningkatan mengenai cara meminimalisir kesulitan belajar siswa yaitu sebesar 80%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan Layanan Konseling Kelompok dapat Meminimalisir Kesulitan Belajar Siswa Disekolah kelas VIII-2 SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan Deli Tahun Ajaran 2018/2019.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/971
Appears in Collections:Guidance and Counseling

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DINI FIRLANDA.pdfFulltext3.82 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.