Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8475
Title: Analisa Kehilangan Gaya Prategang Pada Girder Dan Deformasi Pilar Pada Struktur Fly Over Kereta Api Double Track
Authors: Dewi, Retno Friana
Keywords: jembatan;box girder;double track;tendon;kehilangan prategang
Issue Date: Sep-2018
Abstract: Fly over kereta api double track Medan adalah transportasi massal kereta api dengan jalur ganda yang pertama dibangun di kota Medan, Indonesia. Struktur fly over direncanakan dengan struktur melayang pada ketinggian 9-12 meter diatas permukaan tanah meggunakan box girder, struktur jembatan bersifat discontinuous dengan panjang gelagar antar pilar sebesar 40 m. Perencanaan jembatan ini dimulai dengan pengumpulan data dan literatur yang diperlukan dalam perencanaan. Perencanaan akan mengacu pada SNI T-12-2004, peraturan pembebanan menggunakan SNI 1725-2016 dan peraturan jalur teknis kereta api PM No 60 tahun 2012. Dimana pada tugas akhir ini penulis akan menganalisa kehilangan gaya prategang yang terjadi pada girder dan membandingkan perilaku struktur terhadap pilar persegi yang merupakan data eksisting proyek dengan pilar bulat, analisa struktur jembatan menggunakan program CSI Bridge, kehilangan gaya prategang pada girder mencakup kehilangan pada susut, rangkak, relaksasi baja, perpendekan elastis, slip angkur dan gesekan pada kabel sebesar 18,62 %, hasil selisih nilai perbandingan perioda getar adalah sebesar 0,08879 sec, selisih nilai perbandingan lendutan maksimum sebesar 0,0445 mm, selisih perbandingan berat struktur 2,26 %, dan selisih perbandingan deformasi struktur sebesar 0,0002 mm, dari hasil yang diperoleh penulis menyimpulkan bahwa penggunaan pilar bulat lebih lemah menahan lendutan yang terjadi akan tetapi masih dalam batas izin.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8475
Appears in Collections:Civil Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RETNO FRIANA DEWI.pdf3.66 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.