Abstract:
Fly over kereta api double track Medan adalah transportasi massal kereta api
dengan jalur ganda yang pertama dibangun di kota Medan, Indonesia. Struktur fly
over direncanakan dengan struktur melayang pada ketinggian 9-12 meter diatas
permukaan tanah meggunakan box girder, struktur jembatan bersifat
discontinuous dengan panjang gelagar antar pilar sebesar 40 m. Perencanaan
jembatan ini dimulai dengan pengumpulan data dan literatur yang diperlukan
dalam perencanaan. Perencanaan akan mengacu pada SNI T-12-2004, peraturan
pembebanan menggunakan SNI 1725-2016 dan peraturan jalur teknis kereta api
PM No 60 tahun 2012. Dimana pada tugas akhir ini penulis akan menganalisa
kehilangan gaya prategang yang terjadi pada girder dan membandingkan perilaku
struktur terhadap pilar persegi yang merupakan data eksisting proyek dengan pilar
bulat, analisa struktur jembatan menggunakan program CSI Bridge, kehilangan
gaya prategang pada girder mencakup kehilangan pada susut, rangkak, relaksasi
baja, perpendekan elastis, slip angkur dan gesekan pada kabel sebesar 18,62 %,
hasil selisih nilai perbandingan perioda getar adalah sebesar 0,08879 sec, selisih
nilai perbandingan lendutan maksimum sebesar 0,0445 mm, selisih perbandingan
berat struktur 2,26 %, dan selisih perbandingan deformasi struktur sebesar 0,0002
mm, dari hasil yang diperoleh penulis menyimpulkan bahwa penggunaan pilar
bulat lebih lemah menahan lendutan yang terjadi akan tetapi masih dalam batas
izin.