Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5874
Title: PENGARUH PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI DI SMK SINAR HUSNI HELVETIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Authors: Simanullang, Winda
Keywords: Pemanfaatan Fasilitas Belajar;Hasil Belajar
Issue Date: Sep-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Sinar Husni Helvetia Medan Tahun Pelajaran 2019/ 2020. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK yang berjumlah 58 siswa, sedangkan sampel yang digunakan dengan teknik purposive sampling. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 28 siswa. Instrument penelitian menggunakan angket. Sebelum penelitian dilaksanakan instrumen penelitian terlebih dahulu diuji coba dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sedehana, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar siswa kelas XI AK 1 baik sekali. Ini terbukti dari nilai rata- rata yang diperoleh 74,90 yang berada pada interval 80-100 dengan kualitas kategori baik sekali. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik t . Dari hasil perhitungan yang dilakukan pada uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,321> 1,717 berarti korelasi anatara variabel X dan Y adalah signifikan. Sehingga Ho ditolak Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan hasil belajar akuntansi kelas XI SMK Sinar Husni Helvetia Medan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5874
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI WINDA.pdf747.22 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.