Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil
belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Sinar Husni Helvetia Medan Tahun Pelajaran 2019/
2020. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK yang berjumlah 58 siswa,
sedangkan sampel yang digunakan dengan teknik purposive sampling. Yang menjadi sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 28 siswa. Instrument penelitian
menggunakan angket. Sebelum penelitian dilaksanakan instrumen penelitian terlebih dahulu diuji
coba dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Jenis penelitian ini adalah expost
facto. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sedehana, uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh
pemanfaatan fasilitas belajar siswa kelas XI AK 1 baik sekali. Ini terbukti dari nilai rata- rata
yang diperoleh 74,90 yang berada pada interval 80-100 dengan kualitas kategori baik sekali.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik t . Dari hasil perhitungan yang
dilakukan pada uji t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,321> 1,717 berarti korelasi
anatara variabel X dan Y adalah signifikan. Sehingga Ho ditolak Ha diterima. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan
hasil belajar akuntansi kelas XI SMK Sinar Husni Helvetia Medan.