Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5643
Title: | PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTSWITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 57 MEDAN |
Authors: | Diningsih, Siti Hartati |
Keywords: | Learning Starts With A Question;Hasil Belajar;Pendidikan Agama Islam |
Issue Date: | Mar-2019 |
Abstract: | Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pendidikan agama islam pada peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Penerapan model pembelajaran Learning Starts With A Question bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran learning Starts With A Question terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Populasi penelitian ini dengan sampel 28 orang. Populasi untuk selanjutnya dipiliih satu kelas untuk menentukan mana kelas pre-test dan post-test. Variabel bebas dalam penelitian adalah pembelajaran Learning Starts With A Question dan pembelajaran konvensional, Sedangkan variabel terikat adalah terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,838 lebih besar dari rtabel baik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,361 dan 0,463) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,838 ≥ 0,361 dan 0,463). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara model pembelajaran Learning Starts With A Question dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5643 |
Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI SITI HARTATI DININGSIH.pdf | 900.1 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.