Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar pendidikan agama islam pada peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 57 Medan. Penerapan model pembelajaran Learning Starts With A Question bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran learning Starts With A Question terhadap hasil belajar pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Populasi penelitian ini dengan sampel 28 orang. Populasi untuk selanjutnya dipiliih satu kelas untuk menentukan mana kelas pre-test dan post-test. Variabel bebas dalam penelitian adalah pembelajaran Learning Starts With A Question dan pembelajaran konvensional, Sedangkan variabel terikat adalah terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil koefisien korelasi product moment person dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf signifikasi 5% dan 1% diperoleh rxy = 0,838 lebih besar dari rtabel baik itu taraf signifikasi 5% dan 1% (0,361 dan 0,463) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,838 ≥ 0,361 dan 0,463). Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh positif” antara model pembelajaran Learning Starts With A Question dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Muhammadiyah 57 Medan.