Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/382
Title: | Efektifitas Model Pembelajaran Generatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 |
Authors: | Amisri, Eka Dhana Prayoga |
Keywords: | Model Generatif;Pemahaman Konsep Matematika;Efektivitas |
Issue Date: | 4-Oct-2019 |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Generatif efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 210 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 berjumlah 30 siswa sebagai kelas Eksperimen 1 dan kelas VII-6 berjumlah 30 siswa sebagai kelas Eksperimen 2. Untuk kelas eksperimen 1 pembelajaran dengan menggunakan model Treffinger sedangkan kelas eksperimen 2 pembelajaran dengan menggunakan model Generatif. Instrument yang digunakan berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas VII-7 sebagai uji instrument. Berdasarkan analisis data dalam diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Treffinger dengan model Generatif dilihat berdasarkan uji gain ternormalisasi pada kelas eksperimen 1 sebesar 25% tergolong Rendah dan kelas Eksperimen 2 sebesar 58% tergolong Sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Generatif Efektif dalam Meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/382 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaaran Generatif Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP PAB 9 MEDAN T.P.20192020.pdf | Fulltext | 1.68 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.