Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Generatif efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 210 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 berjumlah 30 siswa sebagai kelas Eksperimen 1 dan kelas VII-6 berjumlah 30 siswa sebagai kelas Eksperimen 2. Untuk kelas eksperimen 1 pembelajaran dengan menggunakan model Treffinger sedangkan kelas eksperimen 2 pembelajaran dengan menggunakan model Generatif. Instrument yang digunakan berbentuk tes soal dengan menggunakan kelas VII-7 sebagai uji instrument. Berdasarkan analisis data dalam diperoleh bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata hasil pemahaman konsep siswa yang menggunakan model Treffinger dengan model Generatif dilihat berdasarkan uji gain ternormalisasi pada kelas eksperimen 1 sebesar 25% tergolong Rendah dan kelas Eksperimen 2 sebesar 58% tergolong Sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Generatif Efektif dalam Meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMP PAB 9 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.