Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/27478
Title: PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAPKEMAMPUAN BERKOLABORASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SDN 066663 TEGAL SARI MANDALA II
Authors: NADYA, SALSABILA
Keywords: Scramble
Kolaborasi
Pkn
Issue Date: 5-Dec-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan berkolaborasi siswa pada mata pelajaran PKN di Kelas V SD Negeri 066663 Tegal Sari Mandala II dan untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan berkolaborasi siswa pada mata pelajaran PKN di kelas V SD Negeri 066663 Tegal Sari Mandala II. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis eksperimen kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan bentuk desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data pada skripsi menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis digunakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kelompok konvensional dengan kelompok eksperimen. Berdasarkan pengujian di atas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam model pembelajaran scramble terhadap sikap kerja sama siswa pada mata pelajaran Pkn di kelas V SDN 066663 Tegal Sari Mandala II. Kemampuan berkolaborasi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran scramble sangat kurang dibanding dengan setelah menggunakan model pembelajaran scramble, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum menggunakan model pembelajaran scramble dengan sesudah menggunakan model pembelajaran scramble terhadap sikap kerja sama siswa pada mata pelajaran Pkn.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/27478
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Word 22 New Skripsi 1-5 FULL (1) new 1.pdfFull Text2.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.