Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble terhadap
kemampuan berkolaborasi siswa pada mata pelajaran PKN di Kelas V SD Negeri 066663
Tegal Sari Mandala II dan untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan model
pembelajaran scramble terhadap kemampuan berkolaborasi siswa pada mata pelajaran PKN di
kelas V SD Negeri 066663 Tegal Sari Mandala II. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis
eksperimen kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design
dengan bentuk desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design.
Teknik analisis data pada skripsi menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis
digunakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar
kelompok konvensional dengan kelompok eksperimen. Berdasarkan pengujian di atas
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam model pembelajaran scramble terhadap sikap
kerja sama siswa pada mata pelajaran Pkn di kelas V SDN 066663 Tegal Sari Mandala II.
Kemampuan berkolaborasi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran scramble sangat kurang dibanding dengan setelah menggunakan model pembelajaran scramble, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum menggunakan model pembelajaran scramble dengan sesudah menggunakan model pembelajaran scramble terhadap sikap kerja sama siswa pada mata pelajaran Pkn.