Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2706
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Materi Himpunan Di SMP Swasta Al Washliyah Ampera II Medan T.A 2019/2020
Authors: Utami, Dian Nisa
Keywords: Model Pembelajaran;Student Facilitator and Explaining;Kemampuan Kognitif siswa
Issue Date: Sep-2019
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap kemampuan kognitif siswa materi himpunandi SMP Swasta Al-Washliyah Ampera II Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap kemampuan kognitif siswa materi himpunandi SMP Swasta Al-Washliyah Ampera II Medan T.A 2019/2020. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas VII A dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII C yangberjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen penelitianmenggunakan tes tertulis berbentuk uraian, dimana sal kemampuan awal matematika siswa berjumlah 5 soal dan soal kemampuan kognitif siswa berjumlah 6 soal. Dari hasil analisis data tes di kelas eksperimen 1 diperoleh mean 83,67 dan untuk data tes di kelas eksperimen 2 diperoleh mean 74,125. Penelitian menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji Ancova.Dari data perhitungan hipotesis didapat Fhitung> Ftabel, yaitu 7,384 > 2,00 maka H0 ditolak. Karena H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan kognitif siswa, dan dengan sig < 0,05, dimana 0,009 < 0,05 maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% terdapat pengaruh perbedaan model pembelajaran terhadap kemampuan kognitif siswa.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2706
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.