Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap kemampuan kognitif
siswa materi himpunandi SMP Swasta Al-Washliyah Ampera II Medan T.A
2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
model pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap kemampuan
kognitif siswa materi himpunandi SMP Swasta Al-Washliyah Ampera II Medan
T.A 2019/2020. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang
terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu
random sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas VII A
dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas
VII C yangberjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen
penelitianmenggunakan tes tertulis berbentuk uraian, dimana sal kemampuan awal
matematika siswa berjumlah 5 soal dan soal kemampuan kognitif siswa berjumlah
6 soal. Dari hasil analisis data tes di kelas eksperimen 1 diperoleh mean 83,67 dan
untuk data tes di kelas eksperimen 2 diperoleh mean 74,125. Penelitian
menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar.
Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji Ancova.Dari data perhitungan
hipotesis didapat Fhitung> Ftabel, yaitu 7,384 > 2,00 maka H0 ditolak. Karena H0
ditolak, berarti terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan kognitif siswa,
dan dengan sig < 0,05, dimana 0,009 < 0,05 maka H0 ditolak. Maka dapat
disimpulkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% terdapat pengaruh perbedaan
model pembelajaran terhadap kemampuan kognitif siswa.