Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2706
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorUtami, Dian Nisa-
dc.date.accessioned2020-03-18T04:26:29Z-
dc.date.available2020-03-18T04:26:29Z-
dc.date.issued2019-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2706-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap kemampuan kognitif siswa materi himpunandi SMP Swasta Al-Washliyah Ampera II Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap kemampuan kognitif siswa materi himpunandi SMP Swasta Al-Washliyah Ampera II Medan T.A 2019/2020. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas VII A dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII C yangberjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen penelitianmenggunakan tes tertulis berbentuk uraian, dimana sal kemampuan awal matematika siswa berjumlah 5 soal dan soal kemampuan kognitif siswa berjumlah 6 soal. Dari hasil analisis data tes di kelas eksperimen 1 diperoleh mean 83,67 dan untuk data tes di kelas eksperimen 2 diperoleh mean 74,125. Penelitian menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji Ancova.Dari data perhitungan hipotesis didapat Fhitung> Ftabel, yaitu 7,384 > 2,00 maka H0 ditolak. Karena H0 ditolak, berarti terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan kognitif siswa, dan dengan sig < 0,05, dimana 0,009 < 0,05 maka H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% terdapat pengaruh perbedaan model pembelajaran terhadap kemampuan kognitif siswa.en_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectStudent Facilitator and Explainingen_US
dc.subjectKemampuan Kognitif siswaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Materi Himpunan Di SMP Swasta Al Washliyah Ampera II Medan T.A 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.