Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24783
Title: Pengaruh Social Media Marketing, Influencer Review, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi TikTok Shop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Authors: Ashari, Suci
Keywords: Social Media Marketing;Brand Image;Influencer Marketing;Keputusan Pembelian;Aplikasi TikTok
Issue Date: 30-Apr-2024
Publisher: UMSU
Abstract: Menurut masyarakat, saat ini teknologi merupakan kebutuhan sekunder yang wajib dimiliki. Kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi produk yang ingin dimiliki didapat dari perkembangan teknologi saat ini. Teknologi saat ini memiliki media sosial untuk memudahkan akses komunikasi antar masyarakat. Kemudian hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan untuk memunculkan minat calon pembeli dengan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu bagian dari digital marketing, strategi ini disebut sebagai social media marketing (SMM). Saat ini aplikasi belanja online yang sering menjadi pemberitaan dimedia massa adalah aplikasi TikTok shop. Hal ini dapat dibuktikan bahwa TikTok menjadi aplikasi yang sering di-download di Indonesia menurut Data Reportal. Algoritma aplikasi TikTok yang berbeda dari aplikasi yang lainnya sehingga memudahkan masyarakat untuk viral dan dikenali oleh banyak orang. Zaman ini aplikasi TikTok memiliki caranya tersendiri untuk memasarkan produk, dengan munculnya influencer sebagai seseorang yang dapat memberikan pengaruh kepada orang lain maka produk tersebut bisa dengan cepat diketahui masyarakat. Untuk menjadi perusahaan yang dapat dikenal masyarakat luas, sebuah perusahaan harus mempunyai brand image atau citra merek yang bagus dikalangan msyarakat, sehingga calon konsumen dapat dengan mudah mengingat produk apa saja yang dikeluarkan brand tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan 100 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang dianalisis menggunakan aplikasi Smart PLS. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa social media marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, variabel influencer marketing juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk dan variabel brand image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24783
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_SUCI ASHARI_1905160261.pdf8.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.