Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23660
Title: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP KETERAMPILAN NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD ASUHAN JAYA TAHUN AJARAN 2022-2023
Authors: ELIYATI
Keywords: Strategi Giving Question and Getting Answer;Keterampilan Numerasi
Issue Date: 2-Mar-2024
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap kererampilan numerasi siswa pada matematika kelas V SD Asuhan Jaya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Asuhan Jaya. Jenis model penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 49 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Random Sampling dimana pengambilan sampel secara acak, sehingga terdapat dua kelas yang akan dmenjadi sampel penelitian yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer dan kelas V B sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvesional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berrdasarkan hasil belajar siswa yang diberi perilakuan dengan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer diperoleh rata rata 78.88. Sedangkan untuk hasil belajar dengan menggunakan konvesional diperoleh rata-rata 76.82. Dari hasil perhitungan hipotesis terdapat t-hitung = 2,119 dengan t-tabel = 1,67793 dimana 2,119 > 1,67793 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap keterampilan numerasi siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SD Asuhan Jaya.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23660
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Eliyati_1802090015.pdfFull Text5.59 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.