Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22111
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI 053964 BELA RAKYAT
Authors: EVIRA, YUNANDA
Keywords: Model Pembelajaran Index Card Match;Hasil Belajar
Issue Date: 28-Aug-2023
Abstract: Skripsi ini membahas Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri 053964 Bela Rakyat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 053964 Bela Rakyat sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran index card match dan Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 053964 Bela Rakyat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 053964 Bela Rakyat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 053964 Bela Rakyat sebanyak 20 orang siswa yang memiliki peran sebagai responden. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa yang dimana terdiri dari 11 laki-laki dan 9 siswa perempuan. Variabel X yaitu model pembelajaran index card match,Variabel Y yaitu hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berbentuk tes yang menyangkut pre-test dan post-test. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan nilai belajar peserta didik dengan menggubakan subtema 1 (Sumber Energi), maka disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran index card match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-tes yang didahului dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian dari perhitungan hipotesis diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22111
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI EVIRA YUNANDA (1902090293).pdfFull Text3.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.