Abstract:
Skripsi ini membahas Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap
Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri 053964 Bela Rakyat. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hasil belajar IPA siswa kelas III
SD Negeri 053964 Bela Rakyat sebelum dan setelah menggunakan model
pembelajaran index card match dan Apakah terdapat pengaruh model
pembelajaran index card match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD
Negeri 053964 Bela Rakyat. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan
metode penelitian kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas III
SD Negeri 053964 Bela Rakyat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD
Negeri 053964 Bela Rakyat sebanyak 20 orang siswa yang memiliki peran
sebagai responden. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa yang dimana
terdiri dari 11 laki-laki dan 9 siswa perempuan. Variabel X yaitu model
pembelajaran index card match,Variabel Y yaitu hasil belajar. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah berbentuk tes yang menyangkut pre-test dan
post-test. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat peningkatan nilai belajar peserta
didik dengan menggubakan subtema 1 (Sumber Energi), maka disimpulkan bahwa
pembelajaran menggunakan model pembelajaran index card match berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel
t-tes yang didahului dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian dari
perhitungan hipotesis diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000.