Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21462
Title: HUBUNGAN RUTINITAS MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 01 MEDAN
Authors: HASIBUAN, FIRZA MULYA
Keywords: Al-Qur‟an;Rutinitas Membaca;Kemampuan Fungsi Kognitif
Issue Date: 16-Jul-2023
Abstract: Pendahuluan : Al-Qur‟an merupakan firman dari Allah Subhanahu Wa Ta‟ala yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu „Alaihi Wasallam untuk disampaikan kepada umat manusia terkhusus pada umat Rasulullah sebagai pedoman hidup umat Islam di dunia. Kebiasaan membaca Al-Qur'an merupakan kegiatan intelektual berkesinambungan yang merupakan ibadah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan rutinitas membaca Al-Qur‟an terhadap kemampuan fungsi kognitif terutama pada kecerdasan intelektual. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik komperatif 2 kelompok tidak berpasangan. Yang dimana rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan true experimental with post test only control group design. Subjek penelitian berjumlah 40 orang yang diambil dengan metode purposive sampling. Data analisis menggunakan uji independent t-test. Hasil : Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test, diperoleh nilai signifikansi (p-value) sebesar 0.000 (<0.05). Pada sampel yang rutin membaca Al-Qur‟an selama 1 bulan memiliki nilai skor IQ superior sebanyak 9 orang (23%), high average sebanyak 10 orang (25%), dan average sebanyak 1 orang (2,50%). Sedangkan yang tidak rutin membaca Al-Qur‟an selama 1 bulan memiliki nilai skor IQ average sebanyak 17 orang (42,50%), dan low average sebanyak 3 orang (7%). Kesimpulan : Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap fungsi kognitif terutama kecerdasan intelektual yang membaca AlQur‟an dengan rutin selama 1 bulan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21462
Appears in Collections:Medical science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FIRZA MULYA HASIBUAN.pdf2.4 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.