Abstract:
Pendahuluan : Al-Qur‟an merupakan firman dari Allah Subhanahu Wa
Ta‟ala yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Shallallahu „Alaihi
Wasallam untuk disampaikan kepada umat manusia terkhusus pada umat
Rasulullah sebagai pedoman hidup umat Islam di dunia. Kebiasaan
membaca Al-Qur'an merupakan kegiatan intelektual berkesinambungan
yang merupakan ibadah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan rutinitas membaca Al-Qur‟an terhadap kemampuan fungsi
kognitif terutama pada kecerdasan intelektual. Metode : Penelitian ini
merupakan penelitian analitik komperatif 2 kelompok tidak berpasangan.
Yang dimana rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan true
experimental with post test only control group design. Subjek penelitian
berjumlah 40 orang yang diambil dengan metode purposive sampling. Data
analisis menggunakan uji independent t-test. Hasil : Berdasarkan hasil uji
Independent Sample T-Test, diperoleh nilai signifikansi (p-value) sebesar
0.000 (<0.05). Pada sampel yang rutin membaca Al-Qur‟an selama 1 bulan
memiliki nilai skor IQ superior sebanyak 9 orang (23%), high average
sebanyak 10 orang (25%), dan average sebanyak 1 orang (2,50%).
Sedangkan yang tidak rutin membaca Al-Qur‟an selama 1 bulan memiliki
nilai skor IQ average sebanyak 17 orang (42,50%), dan low average
sebanyak 3 orang (7%). Kesimpulan : Terdapat pengaruh yang signifikan
terhadap fungsi kognitif terutama kecerdasan intelektual yang membaca AlQur‟an dengan rutin selama 1 bulan.