Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21437
Title: | CAMPUR KODE PADA TUTURAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH SMP MUHAMMADIYAH 57 KAJIAN SOSIOLINGUISTIK |
Authors: | NURUL, AZMI |
Keywords: | Bahasa;Sosiolinguistik;Campur Kode |
Issue Date: | 24-Aug-2023 |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk dan faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode pada tuturan dalam pembelajaran Indonesia Sekolah SMP Muhammadiyah 57. Penelitian ini menggunakan dengan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik rekam. Metode penelitian digunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode simak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: teori Alwi, dkk (2003), Muslich (2010), Chaer Agustina (2004), dan Nababan (1993). hasil penelitian bahwa campur kode pada tuturan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sekolah SMP Muhammadiyah 57 merupakan terdapat tuturan bahasa asing diantara Bahasa Inggris, Bahasa Sunda dan Bahasa Jawa. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21437 |
Appears in Collections: | Indonesian Language Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nurul Azmi Pendidikan Bahasa Indonesia.pdf | Full Text | 3.29 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.