Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20973
Title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BENTUK LEAFLET DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V YPI NUR FADHILLAH
Authors: PUTRI, RACHMA MAWADHA
Keywords: LKPD IPA Bentuk Leaflet;Group Investigation;Peserta Didik
Issue Date: 26-May-2023
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bentuk leaflet pada mata pelajaran IPA di kelas V YPI Nur Fadhillah. LKPD disesuaikan dan disusun dengan langkah-langkah pada model pembelajaran group investigation dengan bentuk leaflet yang berisikan identifikasi topik berupa rangkuman materi, investigasi berupa pertanyaan dan praktikum pada materi kalor dan perubahan wujud benda. Pengembangan LKPD dilakukan dengan metode penelitian R&D (Reserch & Development), model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (pelaksanaan), Evaluation (evaluasi). Namun peneliti membatasi pada tahap Evaluation (evaluasi). Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya. Hasil kelayakan pada LKPD bentuk leaflet yang didapat sangat baik secara keseluruhan. Penilaian validasi ahli materi yaitu 95% dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian validasi ahli desain yaitu 92% dengan kategori sangat valid. Dan hasil penilaian validasi ahli bahasa yaitu 90% dengan kategori sangat valid. Adapun hasil penilaian kepraktisan oleh guru yaitu 98,67% dengan kriteria sangat praktis dan hasil penilaian kepraktisan oleh peserta didik yaitu 92% dengan kategori sangat praktis, sehingga LKPD layak untuk digunakan di Sekolah Dasar (SD).
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20973
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_PUTRI RACHMA MAWADHA_1902090039_PGSD.pdfFull Text9.24 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.