Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) bentuk leaflet pada mata pelajaran IPA di kelas V YPI Nur
Fadhillah. LKPD disesuaikan dan disusun dengan langkah-langkah pada model
pembelajaran group investigation dengan bentuk leaflet yang berisikan identifikasi
topik berupa rangkuman materi, investigasi berupa pertanyaan dan praktikum pada
materi kalor dan perubahan wujud benda. Pengembangan LKPD dilakukan dengan
metode penelitian R&D (Reserch & Development), model ADDIE yang terdiri dari
5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan),
Implementation (pelaksanaan), Evaluation (evaluasi). Namun peneliti membatasi
pada tahap Evaluation (evaluasi). Hal ini dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga,
dan biaya. Hasil kelayakan pada LKPD bentuk leaflet yang didapat sangat baik
secara keseluruhan. Penilaian validasi ahli materi yaitu 95% dengan kategori sangat
valid. Hasil penilaian validasi ahli desain yaitu 92% dengan kategori sangat valid.
Dan hasil penilaian validasi ahli bahasa yaitu 90% dengan kategori sangat valid.
Adapun hasil penilaian kepraktisan oleh guru yaitu 98,67% dengan kriteria sangat
praktis dan hasil penilaian kepraktisan oleh peserta didik yaitu 92% dengan kategori
sangat praktis, sehingga LKPD layak untuk digunakan di Sekolah Dasar (SD).