Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19091
Title: | PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP SWASTA PTPN 4 MAYANG |
Authors: | SITUMORANG, RADIKA |
Keywords: | Hasil Belajar Matematika;Metode Tutor Sebaya |
Issue Date: | 3-Nov-2022 |
Abstract: | Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Swasta PTPN 4 Mayang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Swasta PTPN 4 Mayang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang berjumlah 27 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan pra eksperimen tipe One Group Pretest-Posttest. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian dengan materi SPLDV. Teknik pengumpulan data menggunakan test awal (pre-test) dan test akhir (post-test). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) serta uji hipotesis. Hasil penelitian menggunakan uji-t sampel berpasangan (paired sample t test) menggunaan SPSS Statistics 22 yang menghasilkan signifikansi 0,000 < 0,05, juga menggunakan perhitungan manual thitung > ttabel dengan df = n-1, yaitu 37,158 > 2,056 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan dari uji hipotes bahwa hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya lebih baik dari metode sebelumnya. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19091 |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skrips RADIKA SITUMORANG 1802030032 fix.pdf | Full Text | 3.94 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.