Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh
metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Swasta
PTPN 4 Mayang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Swasta PTPN 4
Mayang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang berjumlah
27 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan pra eksperimen tipe One Group Pretest-Posttest. Instrumen penelitian menggunakan
tes uraian dengan materi SPLDV. Teknik pengumpulan data menggunakan test
awal (pre-test) dan test akhir (post-test). Teknik analisis data menggunakan uji
prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) serta uji hipotesis. Hasil penelitian
menggunakan uji-t sampel berpasangan (paired sample t test) menggunaan SPSS
Statistics 22 yang menghasilkan signifikansi 0,000 < 0,05, juga menggunakan
perhitungan manual thitung > ttabel dengan df = n-1, yaitu 37,158 > 2,056 sehingga
Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan dari uji hipotes bahwa hasil belajar
matematika siswa setelah diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya lebih baik
dari metode sebelumnya.