Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19091
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SITUMORANG, RADIKA | - |
dc.date.accessioned | 2022-11-03T02:21:24Z | - |
dc.date.available | 2022-11-03T02:21:24Z | - |
dc.date.issued | 2022-11-03 | - |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19091 | - |
dc.description.abstract | Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Swasta PTPN 4 Mayang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Swasta PTPN 4 Mayang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang berjumlah 27 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan pra eksperimen tipe One Group Pretest-Posttest. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian dengan materi SPLDV. Teknik pengumpulan data menggunakan test awal (pre-test) dan test akhir (post-test). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) serta uji hipotesis. Hasil penelitian menggunakan uji-t sampel berpasangan (paired sample t test) menggunaan SPSS Statistics 22 yang menghasilkan signifikansi 0,000 < 0,05, juga menggunakan perhitungan manual thitung > ttabel dengan df = n-1, yaitu 37,158 > 2,056 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan dari uji hipotes bahwa hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya lebih baik dari metode sebelumnya. | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar Matematika | en_US |
dc.subject | Metode Tutor Sebaya | en_US |
dc.title | PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP SWASTA PTPN 4 MAYANG | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
Appears in Collections: | Mathematics education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skrips RADIKA SITUMORANG 1802030032 fix.pdf | Full Text | 3.94 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.