Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19091
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSITUMORANG, RADIKA-
dc.date.accessioned2022-11-03T02:21:24Z-
dc.date.available2022-11-03T02:21:24Z-
dc.date.issued2022-11-03-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19091-
dc.description.abstractRumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Swasta PTPN 4 Mayang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Tutor Sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Swasta PTPN 4 Mayang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C yang berjumlah 27 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan pra eksperimen tipe One Group Pretest-Posttest. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian dengan materi SPLDV. Teknik pengumpulan data menggunakan test awal (pre-test) dan test akhir (post-test). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) serta uji hipotesis. Hasil penelitian menggunakan uji-t sampel berpasangan (paired sample t test) menggunaan SPSS Statistics 22 yang menghasilkan signifikansi 0,000 < 0,05, juga menggunakan perhitungan manual thitung > ttabel dengan df = n-1, yaitu 37,158 > 2,056 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan dari uji hipotes bahwa hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan metode pembelajaran tutor sebaya lebih baik dari metode sebelumnya.en_US
dc.subjectHasil Belajar Matematikaen_US
dc.subjectMetode Tutor Sebayaen_US
dc.titlePENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP SWASTA PTPN 4 MAYANGen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Mathematics education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skrips RADIKA SITUMORANG 1802030032 fix.pdfFull Text3.94 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.