Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18261
Title: | PENGARUH KEGIATAN APERSEPSI TERHADAP KESIAPANBELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN TEMATIKDISDN101785 MABAR |
Authors: | AULIA, WINDI MELINIA |
Keywords: | Kegiatan Apersepsi;Kesiapan Belajar |
Issue Date: | 17-Jun-2022 |
Abstract: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuiadanyapengaruhkegiatanapersepsiterhadapkesiapan belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran tematik di SDN101785 Mabar.Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan eksperimen adalah suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol ketat. Dalam penelitian kuantitatif, analisis data merupakan kegiatan setelah datadariseluruhrespondenatausumberdatalainterkumpul. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN101785 Mabar sejumlah 53 siswa. Yang terdiri dari 26 orang siswa kelas kontrol (kelas IV-A)dan27 orangsiswakelas eksperimen (kelasIV-B). Data yang diperoleh di olah dan di analisis dengan teknik uji indenpendent sample t test.Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji indenpendent sample t-test diperoleh nilai signifikansi (sig(2-tailed) adalah 0,000 karena p < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kesiapan belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dapat dikatakan bahwa ada pengaruh kegiatan apersepsi terhadap kesiapan belajar siswa dalam pembelajaran tematik. |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18261 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI WINDI MELINIA FIX.pdf | Full Teks | 5.13 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.