Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahuiadanyapengaruhkegiatanapersepsiterhadapkesiapan belajar siswa kelas IV
dalam pembelajaran tematik di SDN101785 Mabar.Penelitian ini adalah penelitian
dengan pendekatan eksperimen adalah suatu penelitian yang berusaha mencari
pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol
ketat. Dalam penelitian kuantitatif, analisis data merupakan kegiatan setelah
datadariseluruhrespondenatausumberdatalainterkumpul. Populasi dari penelitian ini
adalah siswa kelas IV di SDN101785 Mabar sejumlah 53 siswa. Yang terdiri dari 26
orang siswa kelas kontrol (kelas IV-A)dan27 orangsiswakelas eksperimen (kelasIV-B).
Data yang diperoleh di olah dan di analisis dengan teknik uji indenpendent sample t test.Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji indenpendent sample t-test diperoleh
nilai signifikansi (sig(2-tailed) adalah 0,000 karena p < 0,05 maka terdapat perbedaan
yang signifikan antara kesiapan belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dapat
dikatakan bahwa ada pengaruh kegiatan apersepsi terhadap kesiapan belajar siswa
dalam pembelajaran tematik.