Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17086
Title: Inovasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Smp Islam Terpadu Ibnu Halim Tanjung Mulia Medan
Authors: Fitri Tanjung, Ellisa
Wahyuni, Sri
Keywords: Inovasi Strategi Pembelajaran;covid 19;Pendidikan Agama Islam
Issue Date: 2-Sep-2021
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini saya beri judul inovasi startegi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid 19. Latar belakang ini juga membahas kendala-kendala yang dihadapi selama masa pandemi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah SMP IT Ibnu Halim Tanjung Mulia Medan. Pandemi covid 19 tidak hanya melanda negara Indonesia saja, akan tetapi hampir menyeluruh disetiap negara. Oleh karena itu, kendala-kendala yang dihadapi dalam dunia pendidikan tidak hanya dirasakan di Indonesia namun di seluruh manca negara. Namun diantara kendala-kendala yang dihadapi, tidak semua tenaga pendidik maupun sekolah menemukan jalan keluarnya dan dengan cepat mengambil tindakan demi memaksimalkan proses belajar mengajar. Berhasil atau tidaknya proses pembelajaran sangat bergantung pada startegi yang digunakan oleh guru yang akan memberikan materi pelajaran. Yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah, Bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Ibnu Halim Tanjung Mulia Medan? Bagaimana inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemi di sekolah SMP IT Ibnu Halim Tanjung Mulia Medan? Bagaimana upaya guru meningkatkan minat belajar peserta didik pada masa pandemi di sekolah SMP IT Ibnu Halim Tanjung Mulia Medan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Pandemi covid 19 di SMP IT Ibnu Halim Medan.. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan field research dengan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang terkumpul dari hasil pengamatan (observasi, wawancara dan dokumentasi). Simpulan dari penelitian ini yakni : 1) inovasi strategi yang diciptakan tenaga pendidik dan sekolah dalam proses pemebelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid 19 merupakan cara yang paling efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dan memaksimalkan proses pembelajaran dengan menggunakan media yang telah tersedia 2) penerapan inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik dengan tujuan meningkatkan semangat dan minat belajar peserta didik
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17086
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI SRI WAHYUNI.pdf2.06 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.