Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16900
Title: Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Authors: Cindy, Try Widya Meilya
Keywords: Pemanfaatan TIK;Motivasi Belajar
Issue Date: Oct-2021
Abstract: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap motivasi belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap motivasi belajar Siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas XI Akuntansi. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket (Kuesioner). Berdasarkan hasil penelitian uji regresi linear sederhana peroleh persamaan Y = 6,554 + 0,883X, dari persamaan tersebut diketahui koefisien regresi pemanfaatan TIK memiliki tanda yang positif, artinya ada hubungan yang positif antara variabel pemanfaatan TIK (X) terhadap motivasi belajar (Y). Uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 5.175 > 2.026 dengan probabilitas Sig 0,000 < 0.05, maka pemanfaatan TIK mempunyai pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. Serta hasil uji koefisien determinasi (R2 ) terdapat nilai Rsquare adalah sebesar 0,433 atau sama dengan 43,3% artinya bahwa pemanfaatan TIK mampu untuk menjelaskan motivasi Siswa kelas XI Akuntansi SMK Harapan Mekar 2 Medan adalah sebesar 43,3% dan sisanya 56,7% dijelaskan oleh variabel bebas yang lainnya yang tidak diikutsertakan ke dalam model penelitian ini. Hal ini berarti ada pengaruh antara Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap motivasi belajar Siswa SMK Harapan Mekar 2 Medan T.P 2021/2022.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16900
Appears in Collections:Accounting Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI TRY WIDYA MEILYA CINDY.pdf4.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.