Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi terhadap motivasi belajar Siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi terhadap motivasi belajar Siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas
XI Akuntansi. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket (Kuesioner).
Berdasarkan hasil penelitian uji regresi linear sederhana peroleh persamaan Y =
6,554 + 0,883X, dari persamaan tersebut diketahui koefisien regresi pemanfaatan
TIK memiliki tanda yang positif, artinya ada hubungan yang positif antara
variabel pemanfaatan TIK (X) terhadap motivasi belajar (Y). Uji hipotesis yang
menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 5.175 > 2.026
dengan probabilitas Sig 0,000 < 0.05, maka pemanfaatan TIK mempunyai
pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. Serta hasil uji koefisien
determinasi (R2
) terdapat nilai Rsquare adalah sebesar 0,433 atau sama dengan
43,3% artinya bahwa pemanfaatan TIK mampu untuk menjelaskan motivasi
Siswa kelas XI Akuntansi SMK Harapan Mekar 2 Medan adalah sebesar 43,3%
dan sisanya 56,7% dijelaskan oleh variabel bebas yang lainnya yang tidak
diikutsertakan ke dalam model penelitian ini. Hal ini berarti ada pengaruh antara
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap motivasi
belajar Siswa SMK Harapan Mekar 2 Medan T.P 2021/2022.