Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15223
Title: | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 1 SUNGGAL |
Authors: | SIMATUPANG, AGNES |
Keywords: | PMR;Jigsaw;Kemampuan Pemecahan Masalah;Kemampuan Berpikir Kreatif |
Issue Date: | 9-Mar-2021 |
Abstract: | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Sunggal; (2) Pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Sunggal; dan (3) Pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Sunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 11 kelas, sedangkan sampel diambil secara acak. Kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 36 siswa dan gulungan kertas kedua sebagai kelas kontrol adalah kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan berpikir kreatif Analisis data digunakan dengan uji Manova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Sunggal dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 21,957 > 3,13, selain itu diperoleh nilai sig. Sebesar 0,000.(2) Terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal Fhitung > Ftabel yaitu 9,206 > 3,13, selain itu diperoleh nilai sig. Sebesar 0,003. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Sunggal dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 16,126 > 3,13, selain itu diperoleh nilai sig. Sebesar 0,000 |
URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15223 |
Appears in Collections: | Masters in Management |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
TESIS AGNES REVISI.pdf | 2.49 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.