Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15223
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSIMATUPANG, AGNES-
dc.date.accessioned2021-06-19T06:08:28Z-
dc.date.available2021-06-19T06:08:28Z-
dc.date.issued2021-03-09-
dc.identifier.urihttp://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/15223-
dc.description.abstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Sunggal; (2) Pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Sunggal; dan (3) Pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Sunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 11 kelas, sedangkan sampel diambil secara acak. Kelas eksperimen adalah kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 36 siswa dan gulungan kertas kedua sebagai kelas kontrol adalah kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan berpikir kreatif Analisis data digunakan dengan uji Manova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Sunggal dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 21,957 > 3,13, selain itu diperoleh nilai sig. Sebesar 0,000.(2) Terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal Fhitung > Ftabel yaitu 9,206 > 3,13, selain itu diperoleh nilai sig. Sebesar 0,003. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran matematika realistik dengan setting kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA Negeri 1 Sunggal dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 16,126 > 3,13, selain itu diperoleh nilai sig. Sebesar 0,000en_US
dc.subjectPMRen_US
dc.subjectJigsawen_US
dc.subjectKemampuan Pemecahan Masalahen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kreatifen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA NEGERI 1 SUNGGALen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Masters in Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS AGNES REVISI.pdf2.49 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.