Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14896
Title: P E N G A R U H M A R K E T I N G MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM KAIN SONGKET BATU BARA
Authors: Gunawan
Keywords: Keputusan Pembelian;Produk;Harga;Tempat;Promosi
Issue Date: 30-Dec-2020
Publisher: UMSU
Abstract: Keputusan pembelian merupakan suatu tindakan untuk membeli suatu produk atau jasa setelah melalui berbagai alternatif pilihan. Keputusan pembelian pada konsumen dapat dipengaruhi faktor dari marketing mix yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara produk, harga, tempat, dan promosi terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel penelitian dan hipotesis pengujian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan UMKM kain songket Batubara. Sampel penelitian berjumlah 100 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Persamaan regresi berganda yang diperoleh Y=16,711+0,1991+0,3652+0,3383+0,2733+0,68. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh produk terhadap keputusan pembelian (sig.=0.040 dan thitung=2,084). Ada pengaruh harga terhadap keputusan pembelian (sig.=0.001 dan thitung=3,472). Ada pengaruh tempat terhadap keputusan pembelian (sig.=0.008 dan thitung=2,715). Ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian (sig.=0.018 dan thitung=2,401). Ada pengaruh produk, harga, tempat, dan promosi terhadap keputusan pembelian (sig.=0.000 dan Fhitung=11,164). Nilai R Square yang diperoleh yakni 0,302, memperlihatkan produk, harga, tempat, dan promosi dalam mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 30,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara. Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara. Tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara. Secara simultan produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/14896
Appears in Collections:Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2. REVISIAN SKRIPSI GUNAWAN.pdf3.44 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.