Abstract:
Keputusan pembelian merupakan suatu tindakan untuk membeli suatu
produk atau jasa setelah melalui berbagai alternatif pilihan. Keputusan
pembelian pada konsumen dapat dipengaruhi faktor dari marketing mix
yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh antara produk, harga, tempat, dan promosi terhadap
keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori yaitu
penelitian yang menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel penelitian dan
hipotesis pengujian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan
UMKM kain songket Batubara. Sampel penelitian berjumlah 100 responden
dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket yang telah di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Persamaan regresi
berganda yang diperoleh Y=16,711+0,1991+0,3652+0,3383+0,2733+0,68. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh produk terhadap keputusan
pembelian (sig.=0.040 dan thitung=2,084). Ada pengaruh harga terhadap keputusan
pembelian (sig.=0.001 dan thitung=3,472). Ada pengaruh tempat terhadap keputusan
pembelian (sig.=0.008 dan thitung=2,715). Ada pengaruh promosi terhadap
keputusan pembelian (sig.=0.018 dan thitung=2,401). Ada pengaruh produk, harga,
tempat, dan promosi terhadap keputusan pembelian (sig.=0.000 dan
Fhitung=11,164). Nilai R Square yang diperoleh yakni 0,302, memperlihatkan
produk, harga, tempat, dan promosi dalam mempengaruhi keputusan pembelian
sebesar 30,2% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam
penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah produk berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara. Harga
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada UMKM kain songket
Batubara. Tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada
UMKM kain songket Batubara. Promosi berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian pada UMKM kain songket Batubara. Secara simultan
produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian pada UMKM kain songket Batubara